Minggu, 04 Mei 2008

Blog di Internet dan Toko Bunga Italiana

Toko Bunga Maya. Nicholas Negroponte, “nabi” media digital dari MIT (AS) pernah bilang bahwa Internet adalah gempa bumi berkekuatan 10,5 Skala Richter yang mengguncang sendi-sendi kehidupan, baik di bidang politik, ekonomi atau pun sosial.

Revolusi itu kini sedang terjadi.

Revolusi yang sama juga sedang terjadi untuk bisnis bunga. Kajian di Amerika Utara menunjukkan terjadinya penurunan bisnis bunga tradisional sejak 1998. Pembelian bunga secara langsung secara pelahan diganti oleh pemesanan melalui Internet. Oleh karena itu banyak pebisnis bunga meluncurkan toko bunganya di dunia maya, lalu menerima pesanan melalui email dan tidak melalui telepon seperti sebelumnya.

Perkembangan serupa di Indonesia mungkin masih agak lama. Tetapi karena teknologinya telah tersedia, maka mulai bulan April 2008 ini Toko Bunga Italiana memutuskan untuk terjun mensosialisasikan layanannya di Internet. Kami menyambut usulan itu dari Bambang Haryanto, seorang blogger dan praktisi komunikasi di Internet, asal Wonogiri.

Menurutnya, “sudah saatnya layanan Toko Bunga Italiana (TBI) didokumentasikan sehingga bisa dikomunikasikan kepada masyarakat luas. Bahkan mendunia. Sarana itu telah tersedia dan terjangkau, yaitu situs blog di Internet.”


Aggregator koneksi. Ketika Toko Bunga Italiana (TBI) memiliki situs blog di Internet maka pelbagai keunggulan yang dapat kami berikan kepada konsumen antara lain terbinanya hubungan yang terus-menerus antara TBI dengan pelanggan.

Karena dengan memajang foto-foto di blog TBI akan membuat pesan-pesan komunikasi pelanggan dalam bentuk karangan bunga tidak begitu saja “mati” atau berakhir ketika sesuatu event selesai. Pesan-pesan itu akan “abadi” dan dapat ditelusuri kembali. Blog ini ibaratnya sedang menulis sebuah sejarah.

Blog TBI hadir dan juga berperan sebagai aggregator koneksi yang menunjukkan hubungan baik antara pelaku usaha satu dengan lainnya, termasuk juga hubungan antar individu yang terjadi. Hubungan baik yang terpeta dengan jelas dan dapat diakses khalayak luas itu jelas akan mengangkat reputasi dan kredibilitas para pelanggan TBI.

Photobucket

Hubungan yang nampak atau visible tersebut berpotensi membuka hubungan-hubungan baru berikutnya yang akan menguntungkan kelangsungan usaha para pelanggan TBI di masa depan. Sekadar contoh, di halaman ini dapat Anda simak foto-foto karangan bunga untuk Bank Jateng Wonogiri yang merayakan hari ulang tahun ke-45,. Baik dari TBI sendiri atau pun dari pelanggan TBI, yaitu Ibu Nuning Fauziah Affiani, SH, Ibu Noor Saptanti, SH MH, dan DPK Aspekindo Wonogiri yang memiliki hubungan baik dengan Bank Jateng Wonogiri.

Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Radjim, pemimpin cabang Bank Jateng Wonogiri dan Staf, atas kerja samanya selama ini. Kami di Toko Bunga Italiana sangat bergembira ketika menerima surat apresiasi bernomor 0462/ST.02.01/011/2008 dan bertanggal 14 April 2008 dari Bank Jateng Wonogiri atas peran TBI ikut mendukung sehingga acara peringatan HUT Bank Jateng Ke-45 dapat terselenggara secara baik dan lancer.

Blog TBI ini juga memberi sarana yang memudahkan klien/konsumen untuk menceritakan layanan yang mereka terima dari TBI, yang tidak lain merupakan aksi pemasaran secara berantai, gethok tular, word of mouth, yang berpotensi menanamkan nama baik dan kepercayaan yang sama-sama menguntungkan di fihak pelanggan dan juga TBI sendiri.

Tentu saja, melalui sarana blog itu pula TBI ingin menunjukkan apresiasi yang tinggi kepada pelanggan.

Dengan mengkomunikasikan kepercayaan klien/konsumen/pelanggan tersebut kepada masyarakat luas, kami yakin akan berdampak terangkatnya citra baik dan reputasi klien/konsumen/pelanggan kami, sekaligus juga reputasi TBI sendiri.

Kami tunggu saran Anda. Blog ini sebagai media kiprah komunikasi TBI yang baru, tentu saja masih jauh dari sempurna. Kritik, saran dan masukan Anda, sangat kami nantikan.

Apabila ada kegiatan atau informasi yang penting dan berguna menyangkut aktivitas para pelanggan TBI yang ingin disampaikan kepada masyarakat luas, dengan senang hati akan kami pajang di blog ini pula. Selamat menjelajah dan silakan kontak kami (tbi/bh).


tbi

Tidak ada komentar: